King Arthur : Legend of The Sword

king_arthur_legend_of_the_sword_ver10

Raja Arthur adalah raja legendaris dalam mitologi Britania Raya. Ia tinggal di Camelot dan memiliki pedang Excalibur. Warner Bros menghidupkan kembali kisah ksatria berpedang Excalibur ini dalam film berjudul King Arthur : Legend of The Sword.

Tagline film ini berbunyi “From myth to legend” mendeskripsikan inti cerita dari film ini. Rakyat Inggris yang dikuasai oleh raja jahat dan berkembangnya dongeng akan munculnya seorang ksatria yang akan membebaskan mereka dari raja jahat tersebut.

vortigern

Dalam film ini raja jahat itu bernama Vortigern (diperankan oleh Jude Law). Vortigern menjelma sebagai raja Inggris dengan cara membunuh raja sebelumnya, yang juga merupakan kakaknya sendiri, yaitu Raja Uther Pendragon. Vortigern bersepakat dengan penyihir jahat sehingga ia bisa memiliki kekuatan Ksatria Setan. Kekuatan ini ia dapatkan dengan harga yang mahal yaitu ia harus membunuh perempuan yang ia cintai yaitu istrinya untuk dikorbankan ke penyihir jahat. Dengan kekuatan Ksatria Setan ini, Ia dapat mengalahkan Raja Uther Pendragon dan pedang Excaliburnya.

Puluhan tahunpun berlalu. Kenyamanan Vortigern sebagai raja Inggirs terganggu ketika air laut disekitar istananya menjadi surut. Tampaklah pedang Excalibur yang terhunjam di sebuah batu besar. Para prajurit Vortigern berusaha mencabut pedang itu keluar dari dalam batu, tetapi tidak ada yang berhasil. Kemunculan kembali pedang Excalibur membuat Vortigern cemas. Karena ini berarti munculnya keturunan Uther Pendragon yang akan merenggut kekuasaannya.

Sebelum Uther Pendragon meniupkan nafas terakhirnya, ia sempat menyelamatkan putranya yang masih bayi dengan cara menaruhnya di dalam keranjang dan melepaskannya di laut. Bayi itu hanyut sampai ke daerah bernama Londinium, daerah ini merupakan lokasi pelacuran. Ia ditemukan oleh seorang pelacur, yang kemudian memberi nama dirinya : Arthur.

arthur

Arthur tumbuh besar menjadi pemuda yang dapat bertahan di kehidupan jalanan yang keras di Londinium. Ketika masih kecil, ia bersama teman-temannya suka mencuri dari para pengunjung Londinium. Kehidupan yang keras di Londinium membuat ia ahli dalam berkelahi agar bisa mempertahankan hidupnya. Arthur kini menjadi bos pengelola rumah pelacuran di Londinium. Ia belum tahu kalau dirinya adalah keturunan raja Inggris, putra dari Uther Pendragon.

Arthur membuat masalah dengan orang Viking yang membuat dirinya ditangkap oleh prajurit Vortigern. Ia bersama pemuda lainnya dibawa ke tempat dimana pedang Excalibur tertancap. Raja Vortigern telah memerintahkan prajuritnya untuk membawa seluruh pemuda di negeri itu untuk mencoba menarik pedang itu keluar dari dalam batu. Tujuannya adalah menemukan keturunan Uther Pendragon dan lalu membunuhnya agar Vortigern tetap berkuasa.

excalibur

Arthur berhasil mencabut pedang itu keluar dari dalam batu. Namun tak lama ia memegang pedang Excalibur, karena ia tidak kuat menahan kekuatan yang keluar dari pedang Excalibur. Iapun jatuh pingsan. Arthur dibawa ke dalam istana menghadap Vortigern. Vortigern menjelaskan asal usul Arthur yaitu bahwa dirinya adalah anak dari kakaknya, raja Inggris terdahulu, Uther Pendragon.

King 780x430

Vortigern segera memerintahkan mengeksekusi mati Arthur di hadapan rakyat Inggris. Ketika pedang sudah terangkat, siap memisahkan kepala Arthur dari badannya, seekor burung elang yang dikendalikan oleh penyihir perempuan, dan sekelompok orang pengikut setia Uther Pendragon, berhasil membebaskan Arthur beserta pedang Excalibur.

Selanjutnya Arthur pergi bersama teman-teman barunya ke tempat persembunyian para pengikut setia Uther Pendragon. Ia masih bingung atas apa yang sedang terjadi. Teman-temanya berusaha memberi penjelasan dan meyakinkan Arthur kalau dirinya harus memimpin perlawanan terhadap Raja Vortigern.

Agar bisa lebih memahami siapa dirinya sebenarnya dan apa yang harus ia lakukan, Arthur dibawa ke daerah bernama “Black Lands”. Black Lands adalah tempat dimana penyihir Merlin, sahabat Uther Pendragon, dan juga pembuat pedang Excalibur, menghancurkan menara kegelapan penyihir jahat bernama Mordred. Ditempat itu, Arthur menghadapi mahluk-mahluk kegelapan, yang kemudian membuat dirinya mengalami sendiri kekuatan sihir pedang Excalibur.

Arthur yang sudah menyadari kekuatan pedang Excalibur, mulai melakukan perlawanan terhadap Raja Vortigern. Perlawanan mereka mengakibatkan salah satu temannya mati. Arthur terpukul karena peristiwa itu. Ia merasa ragu untuk melanjutkan perlawanan ini. Ia sedang berada di persimpangan jalan. Ia bingung harus memilih yang mana : memimpin perlawanan kepada Raja Vortigern yang berakibat kematian bagi dirinya dan orang yang ia cintai atau menjadi rakyat biasa seperti sebelumnya dan hidup tenang.

arthur scream

Dalam keraguannya itu, Arthur membuang pedang Excalibur ke laut. Ia lalu lari sejauh-jauhnya dari pedang Excalibur. Ia terjatuh dan terhenti di depan genangan lumpur. Tangan seorang perempuan muncul dari dalam lumpur dan menarik Arthur masuk ke dalam lumpur. Perempuan, yang dikenal dengan nama Lady of the Lake, menunjukan penglihatan kepada Arthur tentang Inggris yang hancur oleh karena kekejian Raja Vortigern. Arthur bisa melihat penderitaan rakyat Inggris jika ia tidak bangkit melawan Raja Vortigern. Lady of the Lake lalu mengembalikan pedang Excalibur kepada Arthur. Arthur kini telah tersadarkan akan tujuan besar yang harus ia capai. Iapun berhasil menyelamatkan Inggris dari raja kejam Vortigern.

Bagian yang paling saya sukai dari film ini adalah cerita mengenai saat Arthur sedang berada di persimpangan jalan, ia ragu akan tujuan hidupnya, ia ragu akan apa yang ia mau. Hal yang membuat dirinya menjadi ragu adalah Arthur tidak bisa menerima kenyataan kalau dirinya adalah keturunan Uther Pendragon yang harus menyelamatkan Inggris. Kenyataan itu terasa berat bagi Arthur.

Ia mencoba lari dari panggilannya hidupnya itu. Pedang Excalibur ia buang ke dalam laut, seolah dengan demikian beban berat itu bisa lepas dari pundaknya. Tetapi secepat apaun dan sejauh apapun ia berlari, pedang Excalibur kembali kepada dirinya. Ketika Lady of the Lake menunjukan penglihatan kehancuran Inggris akibat kekejian Raja Vortigern, Arthur akhirnya bisa melihat hal positif dari kenyataan yang ia alami. Ia sadar bahwa dirinya dan pedang Excalibur yang bisa menyelamatkan Inggris.

Bukankah kita pernah menjadi seperti Arthur? Berdiri di persimpangan jalan, dalam keadaan ragu dan bingung akan hidup yang akan kita jalani. Cobalah lakukan apa yang Lady of the Lake lakukan kepada Arthur : mencoba melihat hal positif dari kenyataan yang sedang kita hadapi. Temukanlah arti / makna postif dari kenyataan yang sedang anda alami sekarang. Ini adalah langkah terpenting karena jika anda tidak bersahabat dengan kenyataan anda maka anda tidak akan bisa menikmati hidup anda. Namun ketika ada bisa menerima kenyataan hidup ini, anda akan menyadari siapa diri anda sesungguhnya, apa yang terpenting bagi anda, dan apa yang harus anda lakukan.

Keterangan Film :

Judul : King Arthur : Legend of The Sword

Sutradara : Guy Ritchie

Tahun : 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s