Design The Life You Love

design the life you love

Buku Design The Life You Love merupakan buku yang akan mengajarkan kita bagaimana cara mendesain hidup. Latar belakang dari penulisan buku ini adalah si penulis (Ayse Birsel) sedang mengikuti rapat dimana para peserta rapat diminta menuliskan apa yang menjadi tujuan hidup mereka. Ayse menuliskan tujuan hidupnya adalah mendesain hidup yang ia cintai. Hidup yang ia cintai adalah hidup yang orisinil, yang selaras dengan dirinya.

hero_designer_birsel

Ayse bekerja sebagai desainer produk. Produk yang ia desain sudah mendapat banyak penghargaan selama 20 tahun. Ayse juga co-founder dari perusahaan Birsel + Seck, sebuah studio desain inovatif yang bertempat di New York. Pengalaman dan pengetahuan yang ia miliki sebagai desainer kemudian ia terapkan untuk membuat tahapan mendesain hidup yang bisa disukai oleh pemiliknya. Dalam mendesain produk, ia menggunakan metode deconstruction – reconstruction. Deconstruction berarti membongkar kenyataan yang ada sekarang sehingga kita dapat mengubah sudut pandang kita (melihat hal yang sama secara berbeda),  supaya kita dapat membangun kenyataan baru yang jauh melebihi jumlah setiap bagiannya. Metode itulah yang kemudian ia gunakan untuk mendesain hidup yang ia sukai.

want

Bila anda ingin memulai atau memulai lagi membuat tujuan hidup maka saya menyarankan mulailah dengan menjadikan buku ini sebagai panduan tahapan merancang hidup yang anda inginkan. Buku ini akan mengajak anda mendesain hidup secara kreatif. Kreatifitas diperlukan dalam mendesain hidup yang anda sukai. Mengapa? Karena persoalan dalam hidup ini adalah ada yang kita inginkan, tapi ada juga yang kita butuhkan. Misalnya saya ingin liburan ke luar negeri (kita inginkan), tapi saya juga harus bekerja mencari uang (kita butuhkan). Untuk menyelesaikan permasalahan itu diperlukan kreativitas sehingga kita bisa mencari uang selama liburan.

thinking like designer

Gunakanlah cara berpikir seorang desainer ketika anda mendesain hidup anda. Cara berpikir desainer seperti :

  • Berpikir positif
  • Letakan diri anda di posisi orang lain dan lihatlah dari sudut pandang mereka
  • Lihat gambaran besar
  • Bekerjasama dengan orang lain, dan ini akan membuat ide menjadi lebih kaya
  • Selalu tanyakan “Bagaimana jika?” dan jawablah dengan sungguh-sunggguh.

Dalam buku ini, Ayse berbagi bagaimana menerapkan proses desain. deconstruction:reconstruction, di hidup anda dalam 4 langkah sederhana.

  1. Deconstruction (dekonstruksi) : membongkar
  2. Point of view (sudut pandang) : melihat secara berbeda
  3. Reconstruction (reconstruksi) : membangun kembali
  4. Expression (ekspresi) : memberi bentuk

deconstruction reconstruction2

Proses mendesain hidup yang dijelaskan oleh Ayse sudah ia terapkan dalam mendesain produk. Berikut ini beberapa insight tentang deconstruction:reconstruction yang didapat dari produk-produk yang didesain oleh Ayse.

  • Sebagai desainer, tugas anda adalah  tidak menerima begitu saja apa yang ditawarkan kepada anda. Mengapa terbatasi oleh gagasan orang lain tentang cara melakukan sesuatu, jika anda punya cara yang lebih baik.
  • Mengubah batasan / hambatan menjadi kesempatan / peluang dapat membantu kita berpikir di luar kotak (outside the box). Pikirkan hambatan / batasan yang ada dalam hidup anda. Dapatkah anda temukan kesempatan / peluang dari hal tersebut? Perubahan cara pikir seperti ini akan menjadi inti dari proses kreatif.
  • Berpikir menggunakan metafoa merupakan cara yang ampuh. Metafora membantu kita untuk mengganti cara pandang kita melihat hidup kita hari ini dan hidup kita di masa depan.
  • Desain adalah kegiatan yang menyenangkan, personal, dan muncul dari hati kita. Desainlah hidup anda yang merefleksikan diri anda, dan muncul dari hati anda.

LANGKAH PERTAMA : PEMANASAN

warm up.jpg

Pertama, sebelum kita mulai mendesain hidup, kita perlu melakukan pemanasan. Tujuannya adalah agar memberi sinyal ke otak kanan (otak kreatif) agar aktif. Caranya adalah dengan menggambar. Mulailah menggambar apapun seperti kucing, anjing, atau diri anda sendiri. Mulailah menggambar. Dalam buku ini, Ayse memberi panduan bagaimana cara menggambar wajah.

LANGKAH KEDUA : DEKONSTRUKSI

life deconstructed

4 Quadrant

Kedua, membongkar yang bangunan hidup anda untuk memahami terbuat dari apa tanpa harus saling terkait dengan cara pandang kita yang sudah terbentuk. Ini juga berarti kita sedang mengubah hal yang rumit menjadi sederhana dengan memecahnya menjadi bagian-bagian kecil. Ketika anda sudah membongkar hidup anda, maka anda sulit menyatukannya lagi seperti semula. Dalam buku ini, Ayse menggunakan mind map dan pemetaan 4 kuadran (emosi, fisik, intelektual, jiwa) untuk melakukan dekonstruksi.

Setelah melakukan proses dekonstruksi, kini saatnya menyimpulkan dari apa yang sudah dilakukan : (1) tuliskan insight yang anda dapatkan ketika melakukan proses dekonstruksi; (2) tuliskan satu hal yang terlampau banyak atau terlampau sedikit; (3) tuliskan kesempatan / peluang yang bisa dilakukan; (4) tuliskan satu hambatan.

LANGKAH KETIGA : INSPIRASI

Cara pandang kita menentukan cara berpikir kita terhadap sesuatu. Bagaimana jika kita bisa melihat hal yang lama dengan cara yang baru / berbeda? Kemampuan merubah sudut pandang kita adalah inti dari proses kreatifitas. Proses merubah sudut pandang berati membuang apa yang tidak kita inginkan, mempertahankan apa yang kita inginkan, dan mentransformasi apa yang tidak bisa kita ubah dan memanfaatkannya untuk menciptakan hal yang positif / berguna.

Berikut 3 tips kreatif untuk mengubah sudut pandang : (1) manfaatkan hambatan / keterbatasan menjadi peluang; (2) gunakan ide lama dalam kondisi yang baru; (3) melihat dari sudut pandang orang lain.

my hero

 

Untuk bisa mendapatkan inspirasi tentang bagaimana cara melihat hidup kita secara berbeda adalah dengan cara menemukan tokoh idola kita. Kita pasti memiliki kekaguman pada tokoh, baik nyata atau fiksi. Tokoh idola kita ini memberitahukan kita tentang nilai-nilai kita, keyakinan kita, dan tentang hidup yang kita inginkan. Ayse mengajak kita untuk menuliskan siapa tokoh idola kita? Tulis namanya dan kualitas yang dimilikinya yang membuat kita kagum. Dan jangan lupa menggambar ikon atau simbol untuk setiap tokoh.

LANGKAH KEEMPAT dan KELIMA: SAAT INI DAN MASA DEPAN

metaphors

Langkah berikutnya dalam mendesain hidup adalah mengetahui kondisi anda saat ini dan kondisi yang anda inginkan di masa depan. Untuk bisa mendesain kondisi yang kita inginkan di masa depan, kita harus bisa berimajinasi. Kita harus bisa membayangkan apa yang tidak ada saat ini. Membayangkan apa yang belum kita mengerti (atau ketahui). Metafora dapat membantu kita untuk memahami hal yang tidak kita mengerti dengan mengkaitkan hal yang baru dengan apa yang sudah kita ketahui. Dengan menggunakan metafora untuk menggambarkan kondisi anda saat ini dan kondisi yang anda inginkan di masa depan, akan membantu kita membandingkan titik awal kita dan titik akhir yang ingin kita tuju.

metaphors beehive

Sebagai contoh : hidup ku di masa depan seperti mesin terbang. Menyemburkan kebebasan, cahaya, dan kemampuan melihat menyeluruh (dari atas), dan bertanggung jawab terhadap orang-orang yang mendukung aku, yaitu keluargaku.

Mulailah membuat metafora hidup anda saat ini dan masa depan. Sertai juga gambar dari metafora yang anda buat.

Setelah anda membuat metafor saat ini dan masa depan, selanjutnya tuliskan apa hal pertama yang perlu anda lakukan agar anda bisa berpindah dari kondisi saat ini ke kondisi masa depan.

LANGKAH KEENAM : MEMILIH

Pada langkah ini, anda akan membangun ulang hidup anda dan memilih apa yang paling anda anggap penting dalam hidup anda. Tapi sebelum melakukan itu, anda perlu melihat kembali apa yang sudah anda lakukan dan mengumpulkan hal-hal yang anda penting untuk anda pilih sebagai “ramuan” hidup anda. Buatlah daftar 15 – 20 hal yang anda anggap penting. Sebagai contoh : kebebasan, menjadi orisinil, kejujuran, pembelajar, dsb.

Kalau sudah, kini saatnya anda mulai membangun hidup yang anda inginkan. Membangun adalah mengenai membuat pilihan: apa yang ingin anda pertahankan, apa yang ingin anda buang, dan apa yang ingin anda ubah. Anda tidak bisa memilih semuanya. Anda harus memilih. Sebab itu pilihlah 3 hal yang anda anggap penting.

reconstruction

Sebagai contoh : Jika metafora hidup anda di masa depan adalah gunung everest, maka tiga hal pentingnya adalah menemukan mentor, melatih fisik dan emosi, dan menikmati proses dan buka sekedar mencapai hasil. Hal yang perlu diantisipasi adalah rasa puas.

LANGKAH KETUJUH : MERANCANG

Expression

Ekspresikan hidup anda yang merancang prototipe yang berisikan informasi kondisi anda saat ini dan masa depan. Anda dapat mengeskpresikannya dalam bentuk tulisan, surat, puisi, sketsa, buku, gambar, dan film, lagu, musik, dan tarian. Ekspresi membantu anda berkomunikasi dengan diri anda: sebagai pengingat, pemberi semangat, dan penyaring. Ekspresi juga membantu anda berkomunikasi dengan orang lain: untuk berbagi, meyakinkan, dan untuk memimpin.

LANGKAH KEDELAPAN : MENJALANI HIDUP

Nelson Mandela mengatakan : “awalnya terlihat tidak mungkin, sampai itu berhasil dicapai.” Langkah terakhir dari proses mendesain hidup yang anda sukai adalah dengan menjalani apa yang sudah anda rancang. Ada 3 cara yang bisa anda lakukan untuk membantu anda menjalani hidup anda yang baru yaitu: (1) mencontoh hidup orang lain yang serupa. Lihatlah apa yang mereka lakukan; (2) mempelajari keterampilan yang perlu anda miliki. Belajarlah dengan mengikuti sekolah atau kursus, atau belajar dari teman; (3) bagikan apa yang sudah anda buat kepada orang lain dan minta masukkan dari mereka. Hal ini akan memperkaya diri anda; (4) visualisasikan apa yang ingin anda capai akan membantu anda mencapainya berlahan demi berlahan. Tempel rancangan anda di dinding kamar atau meja kerja anda; (5) prototipe atau uji coba apa yang anda inginkan untuk mengetahui apakah itu sudah tepat atau belum.

design your life.jpg

Sudahkah anda mendesain hidup yang anda sukai? Kalau belum, mulailah dari sekarang. Jika anda menginginkan soft copy buku ini, silakan follow blog ini dan tuliskan alamat email anda di kolom comment. Saya akan mengemail buku ini kepada anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s