Hello NY

Hello New York

Buku Hello NY : Sepucuk surat cinta bergambar untuk kelima wilayah di New York City, merupakan cerita pengalaman Julia Rotham (Penulis) di Kota New York. Julia menulis “Berjalan-jalan di New York menawarkan beragam kemungkinan”. Dengan disertai gambar-gambar ilustrasi yang indah dan berwarna, Julia menjelaskan seluk beluk Kota New York. Kita akan dibuat seakan-akan sedang berkelana di Kota New York.

Julia-Rothman

Julia merupakan warga lokal kota New York.  Keluarganya sudah dari tahun 1921 tinggal di kota yang menjadi negara bagian Amerika Serikat ini. Nenek Julia, dari Ibu, tiba di Ellis Island dari Cekoslovakia pada tahun 1921. Saat beliau berusia 7 tahun. Julia sendiri lahir di City Island, sebuah pulau kecil di kawasan Bronx yang tidak popular di telinga warga New York. Julia kini tinggal di Park slope, Brooklyn bersama suaminya, Matt dan anjingnya.  Julia berprofesi sebagai Ilustrator, Pattern Designer, dan Penulis. Karya ilustrasinya dapat dilihat di New York Times, Cosmopolitan Magazine, dan poster-poster yang tertempel di semesta Kota New York.

Dalam buku ini, dari pandangan dan pengalamannya, Julia menceritakan New York tentang kota-kotanya, orang dan profesinya, makanannya, dan hal-hal menarik lainnya seperti gedung, museum, dan sebagainya. Pemandangan New York, ia jelaskan seperti potongan dari ratusan file, sebuah gambar di ribuan kartu pos atau latar belakang dari jutaan foto.

Julia punya banyak pengalaman menarik di kota yang juga disebut Big Apple. Pengalaman inilah yang membuat dirinya jatuh cinta kepada kota New York. Contohnya, Ia dan suaminya suka merayakan hari jadi pernikahan mereka dengan makan malam mewah di restoran La Grennouille. Restoran ini adalah restoran Perancis. Kita bisa makan malam dengan dikelilingi hiasan tatanan bunga mewah. Contoh lainnya, tempat yang suka dijkunjungi Julia waktu kecil adalah Kebun Binatang Bronx. Ini adalah kebun binatang yang terkenal di dunia. Saat masih kecil, Julia menyukai bagian kebun bintang anak. Di sana ia bisa menjulurkan kepala melalui sebuah lubang di tanah dan melambai kepada ibunya, ditengah kerumunan hewan-hewan pengerat.

Hello NY2 Swim

Julia suka berenang. Ia menceritakan pengalamannya berenang di Pantai Coney Island dalam cuaca dingin : “Ketika tiba saatnya masuk ke air, aku langsung menceburkan diri saja, masuk dengan perlahan justru lebih buruk. Ketika berenang, kedua tangan dan kakiku mati rasa dan terkadang ada sensasi hangat di seluruh tubuh seperti ketika minum minuman keras”.

hellony03

Julia juga bercerita tentang profesi yang dilakukan oleh orang-orang New York. Salah satunya adalah supir taksi. Ada sekitar 12.000 taksi di kota New York. Seorang supir taksi di New York, rata-rata, dapat mengangkut penumpang sebanyak 30 orang dalam 12 jam. 90% supir taksi di New York bukan kelahiran Amerika. Rasheed Youssef adalah supir taksi New York yang lahir di Mesir. Rasheed menjelaskan biaya sewa taksi per hari adalah 200 dolar. Jumlah yang besar yang harus Rasheed bayarkan. Ia merasa sial jika bertemu dengan penumpang yang tidak mau membayar. Terkadang penumpang itu pergi begitu saja atau ada juga yang jujur mengatakan tidak memiliki uang.  Profesi lainnya adalah Pemilih Anggur. Jeff Porter adalah seorang pemilih anggur menceritakan bahwa ini adalah pekerjaan yang menyenangkan. Namun pekerjaan ini juga penuh tekanan karena para tamu yang membayar dengan harga mahal menaruh harapan besar kepada dirinya agar dapat memilih anggur terbaik bagi mereka. Ada juga profesi sebagai Pembuat Tatto. Dozer adalah seorang pembuat tatto yang tinggal di Staton Island. Ia pernah membuat tatto untuk mengingat bencana 9/11, bencana terburuk yang pernah melanda Amerika.

30_31_grandcentral

Ada banyak tempat-tempat menarik di Kota New York. Misalnya Grand Central Station. Di tempat ini ada gambar di langit-langit stasiun yang terbalik. Ada yang mengatakan gambar itu dibuat berdasarkan naskah abad pertengahan yang artinya bisa saja itulah pemandangan langit dari sudut pandang Tuhan. Namun, menurut banyak orang itu hanya salah lukis saja.

central park

Tempat menarik lainnya adalah Central Park. Ada banyak species burung warna-warni yang bermigrasi melewati taman itu setiap tahunnya. Ada juga museum Boneka Troll di Lower East Side New York. Museum boneka Troll ini ternyata adalah ruang depan di apartemen milik pendeta Jen Miller.

Pizza

Fakta menarik lainnya tentang New York antara lain Pizza. Pizza New York adalah yang terbaik. Kedai Pizza di New York banyak menggunakan nama Ray. Julia lebih menyukai Pizza Paulie di Brooklyn. Di tempat ini Pizza dimasak di tungku kayu bakar dengan toping Mozzarella. Mengenai hewan, penduduk kota New York suka memanjakan anjing mereka. Anjing ditenteng dalam tas. Bahkan ada spa anjing dan tempat penitipan anjing. Selain anjing, binatang lainnya yang bisa ditemui di New York adalah burung merpati. Burung ini memiliki nama lain yaitu tikus got bersayap. Burung ini berasal dari Tebing Mediterania yang dibawa ke New York pada abad 17.

Tentu yang paling terkenal dari New York adalah patung Lady Liberty yang berada di pelabuhan New York. Bila ingin bisa sampai ke mahkota Lady Liberty, kita harus menaiki 354 anak tangga. Lima setengah kilometer dari Lady Liberty, di Green Wood Cemetery, Brooklyn, berdiri patung Minerva, Dewi Kebijaksanaan Romawi. Minerva mengangkat tangan kirinya seperti sedang melambai balik ke Lady Liberty.

Keterangan Buku :

Judul : Hello NY (Sepucuk Surat Cinta Bergambar Untuk Kelima Wilayah di New York City)

Penulis : Julia Rothman

Penerbit : POP, Kepustakaan Populer Gramedia

Tahun : 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s